Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro Indonesia

Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro Indonesia – Pulau Kemaro adalah salah satu tujuan paling populer di Sumatera Selatan. Pulau ini terletak di delta kecil Sungai Musi, sekitar 6 km ke hilir Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di antara kawasan industri Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Kilang Minyak Pertamina di Plaju dan Sungai Gerong. Tepatnya terletak sekitar 40 km dari Palembang. Ketika mengunjungi Pulau Kemaro, akan ada Vihara Cina atau Klenteng dengan 9 tangga, biasanya bangunan Cina di tengah pulau.

Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro
Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro

Menurut informasi terbaru yang kami peroleh, Kuil Hok Tjiang Rio ini dibangun sejak 2006 dan menjadi ikon tanda tangan di pulau ini. Selain itu, di pulau itu ada sebuah kuil Buddha yang sering dikunjungi oleh umat Buddha untuk berdoa atau mengunjungi kuburan. Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro ini menjadi lebih ramai selama festival Cina seperti Cap Go Meh atau Imlek Tahun Baru.

Sejarah Singkat Pulau Kemaro

Pulau ini memiliki sejarah yang kaya dan kontras. Menurut cerita rakyat, pulau itu muncul ketika Puteri Siti, yang akan menikah dengan seorang pangeran Cina, tenggelam di sungai Musi. Pernikahannya dengan syarat bahwa ayahnya akan menerima 9 guci emas sebagai mas kawin. Pangeran Cina meminta 9 guci emas dari keluarganya yang mereka kirimkan. Namun, untuk melindungi dari pencuri, keluarga menutupi guci dengan sayuran agar terlihat seperti paket barang dagang sederhana.

Ketika peti itu tiba, sang pangeran putus asa bahwa emas itu tidak ada di sana dan melemparkan peti itu ke sungai. Namun satu toples jatuh dari peti dan pecah terbuka di tepi sungai untuk mengungkapkan emas. Dengan tak percaya, sang pangeran melompat ke sungai untuk menyelamatkan guci. Dia tidak muncul kembali. Siti Fatima meluncurkan dirinya ke sungai juga, ingin sekali bersamanya bahkan dalam kematian.

Dia menyatakan, “Jika Anda melihat gundukan bumi muncul di dasar sungai, Anda akan tahu bahwa saya telah tenggelam karena ini akan menjadi kuburan saya.” Cerita rakyat romantis inilah yang menarik perhatian para pecinta muda ke pulau itu hari ini.

Terletak Dimanakah Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro?

Terletak di delta kecil Sungai Musi sekitar 6 kilometer ke hilir Jembatan Ampera, Pulau Kemaro adalah objek wisata terkenal di Sumatera Selatan karena keindahan pemandangan yang ditawarkan bersama dengan berbagai kuil dan festival yang dikunjungi wisatawan dan penduduk lokal yang sering berkunjung. dapat mengunjungi dan menikmati. Pulau ini bertindak sebagai tempat rekreasi bagi banyak orang, karena terletak 40 kilometer jauhnya dari hiruk pikuk kota utama Palembang.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi Vihara Cina, atau Klenteng Hok Tjing Rio, yang memiliki sembilan tangga dan terletak di tengah Pulau Kemaro. Strukturnya memiliki gaya arsitektur khas Cina dan dikenal sebagai ikon khas pulau itu. Turis cenderung berbondong-bondong tempat selama waktu festival Cina besar seperti Cap Go Meh atau Tahun Baru Imlek.

Baca juga : http://jqby.info/apartemen-sentra-timur-apartemen-paling-affordable-di-jakarta-timur/

Dan tempat itu juga memiliki struktur lain seperti kuil Buddha dan kuburan Pangeran Tan Bun An dari Cina dan Putri Siti Fatimah dari Sriwijaya. Pohon Cinta adalah alasan lain untuk popularitas Pulau Kemaro, yang dikenal di kalangan penduduk setempat untuk membawa keberuntungan bagi pasangan yang mengukir nama mereka ke dalam batang pohon.

Pohon itu adalah simbol dari kisah cinta tragis dari pangeran Cina dan Putri Indonesia dan pulau itu juga dinamai Pulau Jodoh atau Pulau Mate karena legenda ini. Cerita rakyat mengatakan bahwa Destinasi Pariwisata Pulau Kemaro ini muncul ketika sang putri tenggelam di Sungai Musi.