Mic, Salah Satu Jenis Sound System Karaoke Terpenting

Mic, Salah Satu Jenis Sound System Karaoke Terpenting. Pernahkan anda merasa anda bernyanyi dengan suara yang pas ketika di tempat karaoke? Ketika bernyanyi dengan suara yang rendah, suara yang keluar dari speaker terdengar dengan baik, begitu juga ketika bernyanyi dengan suara yang keras, suara yang keluar dari speaker tidak merusak telinga. Mungkin anda berpikir bahwa anda memiliki kontrol suara yang baik, hal tersebut memang ada benarnya akan tetapi ada faktor lain yang membuatnya terlihat seperti itu. Faktor lain tersebut adalah kompresor. Kompresor merupakan salah satu dari sound system karaoke yang bertugas untuk membuat suara menjadi lebih rendah ketika bernyanyi dengan volume keras dan juga meningkatkan suara ketika bernyanyi dengan suara yang lembut atau rendah. Untuk anda yang terjun dalam bisnis karaoke, maka penting untuk memiliki kompresor sebagai pelengkap dalam peralatan audio.

Mikrophone

Mikrophone

Selain kompresor, ada hal lainnya juga yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap tempat karaoke. Mic, tentu akan sangat lucu apabila tempat karaoke dimana para pelanggan akan bernyanyi untuk melepaskan stres dan bersenang-senang, namun ternyata tidak tersedia mic. Kalau tidak ada mic, bagaimana caranya bernyanyi? Karena pasti suara yang keluar ketika bernyanyi akan kalah dengan suara musik. Soundlab sebagai salah satu perusahaan penyedia sound system karaoke memiliki beragam jenis mic yang bisa anda pilih untuk melengkapi tempat karaoke anda. Berikut adalah beberapa jenis mic yang bisa anda beli di Soundlab:

Soundlab K6800D

Untuk membantu penyanyi agar bisa mengeluarkan suara dengan baik, maka penyanyi tersebut membutuhkan echo dan juga reverb yang unik. Dengan mic Soundlab K6800D yang khusus untuk karaoke, penyanyi bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Mic ini memiliki berbagai efek yang dibutuhkan dan juga mampu memproses sinyal digital agar bisa disesuaikan antara mic, musik dan juga segala jenis pengaturan yang ada di speaker. Hasilnya adalah anda akan mendengar suara yang keluar dengan lebih baik. Berikut adalah spesifikasi dari mic Soundlab K6800D:

Mikrofon A 20 PEQ; Input musik 10 PEQ; Efek 5 PEQ; MAIN L / R 9 PEQ; Multi Advance Echo & Reverb; Efek Noise Gate; Delay dan Compressor di setiap output, output 6 CH; AUX 6 PEQ; BBE, Umpan balik anti Exciter; Pusat 6 PEQ; mikrofon B 20 PEQ; frekuensi 20 ~ 20kHz; output 8vpp / 60Ω; sensitivitas input 0.707v / 47 kΩ; S / N> 95dB, THD 0,01%; Subwoofer 5 PEQ.

Soundlab K3300D

Sebagian besar pelanggan yang datang ke tempat karaoke untuk bernyanyi bukanlah seorang penyanyi yang terlatih. Karena nya dibutuhkan mic yang sesuai yang mampu membantu pelanggan untuk mengeluarkan suara terbaiknya ketika bernyanyi. Soundlab K3300D memiliki sistem preamp karaoke processor yang bisa memberikan pengalaman tersebut. Berikut adalah spesifikasi dari Soundlab K3300D:

Subwoofer 3 PEQ; Centre 3 PEQ; Utama 5 PEQ; waktu penjajaran; S / N> 95dB, respon frekuensi 20 ~ 20kHz, THD 0,01%; Input optik digital dan SPDIF; output 8vpp / 60Ω ; sensitivitas input 0,707v / 47 kΩ; 7 efek mikrofon preset

Soundlab KTV PRO57

Berbeda dengan dua jenis mic yang sudah dijelaskan di atas, sesuai namanya Soundlab KTV PRO57 adalah mic yang cocok untuk bernyanyi karena memiliki sensitivitas input terbaik yang mampu menjamin kualitas suara yang dikeluarkan di speaker. Berikut adalah spesifikasi dari Soundlab KTV PRO57:

Impedance: 600Ω; Dynamic Microphone; Pattern: Cardioid; Sensitivity 53±2db (0db=1v/ubar); frequency response: 40hz~15khz.

Akan tetapi perlu diingat, sebagus apapun mic yang digunakan, sebagus apapun sound system karaoke yang dimiliki, apabila penggunaan mic nya tidak sesuai maka kualitas suara yang dikeluarkan juga tidak akan begitu bagus. Mungkin tempat karaoke bisa memberikan petunjuk bagaimana caranya menggunakan mic yang baik dan benar agar bisa memberikan kepuasan maksimal bagi pelanggannya yang ingin bernyanyi seperti berikut ini:

Tidak mengubah pengaturan pada mic ataupun sound system yang sudah ada. Selama pelanggan bernyanyi, yang boleh diubah pengaturannya hanyalah volume saja. Aturlah volume dengan baik agar suara yang keluar dari speaker terdengar balance atau seimbang.

Turunkan pitch nada lagu jika diperlukan, karena setiap orang memiliki rentang suara yang berbeda-beda. Ada yang bisa menyanyikan nada rendah tapi tidak nada tinggi, dan juga sebaliknya. Terkadang ada orang yang tidak bisa bernyanyi sesuai dengan nada suara penyanyi aslinya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memberikan pengalaman karaoke yang terbaik bagi setiap pelanggan, sangat penting untuk memilih jenis mic yang tepat. Selain itu penting juga untuk memberikan petunjuk bagi pelanggan bagaimana caranya menggunakan mic yang tepat, apa saja yang harus dilakukan sebelum bernyanyi, misalnya saja melakukan beberapa pengaturan pada volume dan juga pitch nada.