Taukah Anda Teknologi Untuk Petani Pangan di Indonesia

Taukah anda teknologi untuk petani pangan di Indonesia? Indonesia merupakan Negara agrari dengan sumber daya alam yang tinggi, di mana potensi pertanian di Negara ini sangat mendukung. Memfaat Teknologi Untuk Petani Indonesia.

Negara juga terbentang antara khatulistiwa yang memiliki iklim tropis, kelimpahan sinar matahari yang cukup,tingkat kelembaban udara yang ideal, serta budaya masyarakat yang mencintai keanekaragaman hayati. Dengan teknologi Indonesia pun menjadi lirikan bagi negara-negara di sektor pertanian. Hal ini adalah anugrah Allah SWT yang diberikan kepada Rebuplik yang kami cintai.

Memfaat teknologi untuk pangan di Indonesia

Memfaat teknologi untuk pangan di Indonesia

Seiring berjalannya waktu manusia di bumi pun semakin bertambah. Hal ini mempengaruhi jumlah permintaan pasokan bahan pangan di dunia. Dunia pertanian pun harus ekerja lebih keras untuk memenuhi persyaratan pangan dunia tersebut. Tahap demi tahap dilakukan produksi yang siap dapat memuaskan.

Taukah anda teknologi untuk petani pangan di Indonesia?

Sekarang kita berada pada era informasi dimana semua informasi dapat kita peroleh dengan mudah melalui media-media pendukung informasi seperti internet, televisi, media cetak, dan lain-lain. Dalam hal ini dunia pertanian menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan pembangunan pertanian berkelanjutan. Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang penting dalam mewujudkan pertanian yang modern secara tepat waktu.

Pertanian berbasis teknologi kini mulai banyak diterapkan. Hal ini karena penerapan teknologi menjadi bagian penting dalam mendukung swasembada pangan. Selain itu, penerapan teknologi juga dapat membantu persiapan kebijakan pemerintah.

Hal ini disiarkan oleh Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian (Kementan) swasembada beras sejak 3 tahun sebelumnya hingga saat ini dari penerapan teknologi di persiapan kebijakan di instansinya. teknologi tersebut misalnya dalam informasi dan pelaporan data yang terkait dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dipotret satelit Lansat-8 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

“Menggunakan citra satelit, kita bisa memonitor kapan tanam padi sampai panen,” ujarnya pada seminar bertema nasional Peranan Teknik Sipil dan Lingkungan untuk Pembangunan Negara, belum lama ini melalui keterangan tertulisnya.

Bahkan, ia percaya bahwa Negara akan mengulang sejarah, yaitu produksi beras melebihi kebutuhan nasional. Hal ini tidak bisa dilakukan impor hingga sekarang. Komoditas cabai dan bawang merah untuk hal-hal sejak saat sebelumnya dan di tahun ini untuk jagung pakan ternak.

Lebih lanjut ia mengatakan banyak keunggulan yang didapat dari teknologi satelit, ekonomis, mudah, efektif, efisien, cepat, dan akurat.

Melalui data dari LAPAN, mampu menyelesaikan berbagai wilayah dalam waktu singkat, terus-menerus, diminimalisir kesalahan manusia dengan komputerisasi dan sangat transparan dapat diakses oleh pihak lain.

Hasil pemetaan ini disajikan dalam halaman dan dilengkapi dengan data spasial dan tabular yang lain, yaitu data Hujan curah hujan, data tinggi permukaan air, hingga peta sebaran luas baku sawah.

Baca juga : Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Anda

Kesimpulan.

Pada saat ini penguasaan terhadap teknologi informasi semakin menguat. Teknologi saat ini merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Teknologi Informasi Sebagai Alat Pengubah untuk Manfaat dalam Kehidupan sehari-hari dan selanjutnya manfaat yang sangat di penting dari teknologi informasi. Teknologi informasi memiliki peranan yang vital dalam segala bidang, salah satunya pada bidang Pertanian. Maka dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan baik maka pertanian di Indonesia akan semakin maju.